Thursday 7 February 2013

Elektabilitas Jokowi Untuk Capres 2014

Survey warga Jakarta yang dilakukan oleh Lembaga Survei Nasional menunjukkan Jokowi punya elektabilitas sebagai Capres 2014. Hal ini dinilai terlalu dini oleh berbagai pihak. Mengapa demikian? Jokowi Ahok yang baru kurang dari 5 bulan bertugas sebagai Gubernur dan Wagub saat ini diharapkan bisa mewujudkan target-targetnya dalam mengatasi masalah Jakarta saat ini. Jika kelak pasangan Jokowi Ahok berhasil mengelola Jakarta, maka tentu itu akan menjadi karpet merah menuju Capres 2014.

Benarkah Jokowi Miliki Elektabilitas Capres 2014?

Survey yang menilai Jokowi pantas menjadi Capres 2014 menunjukkan minimnya sosok pemimpin yang digadang mumpuni saat ini. Panggung Politik di Indonesia yang saat ini masih menunggu hadirnya sosok pemimpin untuk menduduki kursi Presiden di Pilpres 2014 belum memiliki sosok yang pantas. Sehingga kondisi Jokowi di tengah-tengah berkibarnya popularitasnya mendorong opini masyarakat jika Jokowi pantas masuk bursa Capres 2014.

Apakah dengan Elektabilitas itu Jokowi Bersedia Dicalonkan ?

Pejabat sekaliber Jokowi dengan dedikasi tinggi dalam mengemban tugas dan amanah tentu tidak dengan begitu saja muda tergiur oleh hasil survei nasional untuk maju sebagaio Capres 2014. Justru hal demikian menunjukkan kualitas seorang Jokowi yang tidak serta merta latah mengambil segala kesempatan.

Apakah Elektabilitas Jokowi Mendapat Dukungan Parpolnya?

PDIP dan Gerindra mengklaim memiliki peranan besar bagi memenangkan Jokowi dalm Pilgub DKI jakarta beberapa waktu lalu. Keinginan Prabowo dan Megawati untui maju sebagai RI-1 yang dinilai cukup besar tentu harus dihadapi Jokowi jika benar-benar ia ingin maju sebagai Capres. Dan kelihatannya kemungkinan untuk mendapat restu dari kedua tokoh itu tidak mudah.

Figur Jokowi yang bersahaja tampaknya sedang berkibar dan dapat menginspirasi masyarakat. Elektabilitas ditentukan oleh masyarakat namun untuk maju ke Capres tentu harus menaiki kendaraan politik yang sesuai.

Artikel Terkait Berita Politik Indonesia

0 comments:

Post a Comment