Thursday 18 April 2013

DERAP POLITIK DALAM PEREKONOMIAN INDONESIA

perekonomian+Indonesia
PEREKONOMIAN INDONESIA - Meningkatnya perekonomian Indonesia tak terlepas dari peran kebijakan-kebijakan yang diwarnai unsur politik. Perekonomian Indonesia mengalami kemajuan yang cukup pesat. Boleh jadi pertumbuhan ekonomi Indonesia dikagumi oleh dunia. Namun perlu dilihat lagi bahwa hal ini sayangnya justru masih didorong oleh sumber daya alam Indonesia. Sejatinya, perekonomian Indonesia mestinya tidak lagi melulu mengandalkan sumber daya alam Indonesia yang memang cukup besar, Kekayaan alam tersebut suatu ketika akan habis. Masa-masa itu pasti datang. Sebelum masa itu benar-benar telah datang, sebaiknya Indonesia harus sedini mungkin mempersiapkan diri untuk meningkatkan kualitas perekonomian nasional.

Elit politik dan pemegang sumber kekuasaan harus berani mengambil langkah untuk meningkatkan kualitas perekonomian nasional. Saat ini pengiriman tenaga kerja Indonesia ke luar negeri masih di dominasi oleh tenaga kerja wanita yang bekerja di sektor informal seperti jasa asisten rumah tangga dengan kemampuan berkomunikasi yang minim. Dengan sumber daya alam yang melimpah dan sumber daya manusia yang bisa meningkat kemampuannya Indonesia menuju kedaulatan ekonomi di dunia. Derasnya arus dana asing ke Indonesia menunjukkan Indonesia semakin seksi di mata dunia.

Daftar negara-negara di dunia menurut PDB tahun 2011 Versi IMF bisa dilihat disini


Oleh karena derap politik Indonesia jangan hanya fokus pada kepentingan elit partai atau partai politik atau golongan tertentu saja. Namun lebih jauh lebih fokus terhadap Indonesia secara luas. Peranan Perekonomian Indonesia di mata dunia harus semakin besar dan layak untuk diperhitungkan.

Artikel Terkait Ekonomi Indonesia

1 comments:


Thanks for providing such a great article, it was excellent and very informative.
as a first time visitor to your blog I am very impressed.
Economics :)

Post a Comment