Kamis, 18 April 2013

PENGERTIAN ORGANISASI MENURUT PARA AHLI DEFINISI

pengertian+organisasi+politik+indonesia
PENGERTIAN ORGANISASI - Mereka yang berkecimpung di dunia politik umumnya berawal dari perannya di sebuah organisasi baik itu organisasi kemahasiswaan maupun organisasi sekolah, dan umum lainnya. Untuk itu pemahaman dan pengertian organisasi perlu dipahami dengan baik. Komunikasi dalam organisasi memegang peranan penting dalam interaksi antara anggota maupun pengurus. Fungsi Partai Politik yang merupakan kendaraan bagi siapa saja yang hendak menuju tampuk kekuasaan tidak lari jauh dari peranan partai politik itu sendiri yang notabene merupakan sebuah organisasi.

Hakekat manusia sebagai makhluk sosial selalu berinteraksi dan memerlukan kerjasama dalam mencapi sebuah visi dan misi bersama mendorong manusia untuk membentuk organisasi. Kumpulan orang-orang yang berinteraksi dalam sebuah organisasi membentuk perilaku organisasi yang melahirkan atau mempengaruhi budaya organisasi. Adanya struktur organisasi yang jelas dengan tugas dan tanggung jawab yang jelas akan mendorong tumbuhnya kinerja organisasi. Mengingat sentralnya organisasi dalam kehidupan manusia termasuk dunia politik, maka perlulah dipahami bersama pengertian organisasi menurut para ahli.

PENGERTIAN ORGANISASI MENURUT PARA AHLI DEFINISI

Definisi organisasi menurut para ahli:

1. Menurut ERNEST DALE:

Organisasi adalah suatu proses perencanaan yang meliputi penyusunan, pengembangan, dan pemeliharaan suatu  struktur atau pola hubunngan kerja dari orang-orang dalam suatu kerja kelompok.

2. Menurut CYRIL SOFFER:

Organisasi adalah perserikatan orang-orang yang masing-masing diberi peran tertentu dalam suatu system kerja dan pembagian dalam mana pekerjaan itu diperinci menjadi tugas-tugas, dibagikan kemudian digabung lagi dalam beberapa bentuk hasil.

3. Menurut KAST & ROSENZWEIG:

Organisasi adalah sub system teknik, sub system structural, sub system pshikososial dan sub system manajerial dari lingkungan yang lebih luas dimana ada kumpulan orang-orang berorenteasi pada tujuan.

Berdasarkan Sumber Di Wikipedia Definisi organisasi lain menurut para ahli sebagai berikut:

Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut.

Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.

James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

Demikian pengertian organisasi menurut para ahli definisi yang umum dipahami. Keberhasilan manusia dalam kehidupan tak terlepas dari bagaimana kemampuannya memainkan peranan dalam sebuah organisasi dimana ia berada dan merupakan bagian dari organisasi. Sebagian orang mempercayai bahwa rumus kesuksesan itu adalah : 10% x kecerdasan + 90% kerjasama. Bagaimana menurut anda?

Incoming Search : pengertian organisasi, perilaku organisasi, budaya organisasi, organisasi politik, partai politik, pendidikan politik, politik Indonesia terkini

Artikel Terkait Pendidikan Politik Indonesia

1 komentar:

kenapa tidak dicantumkan sumber referensinya?

Poskan Komentar