Wednesday 3 April 2013

JOKOWI GANDENG LDII SOSIALISASIKAN PROGRAM KERJA KE MASYARAKAT


jakarta+jokowi+ldii
JOKOWI GANDENG LDII - Ormas Islam sebetulnya sangat potensial sebagai media sosialisasi program pemerintah kepada masyarakat. Hal ini yang dipandang secara jeli oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi. Jokowi menggandeng Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) untuk mensosialisasikan program kerjanya, baru-baru ini. Jokowi mengandalkan LDII karena menurutnya ormas itu ada di mana-mana. 

“Saya hanya ingin menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan program pemerintah yang nanti bisa dikaitkan dengan LDII,” kata Jokowi di kantor DPP LDII DKI Jakarta, Kamis (28/3) lalu, sembari menyebut program-program seperti normalisasi Sungai Ciliwung, Kali Sunter, Pesanggrahan, dan Angke yang harus memindahkan sebagian warga yang tinggal di tepi sungai. 

“Kan LDII di mana-mana, titip-titip kalau imam di masjid tolong sampaikan bahwa tinggal di badan sungai melanggar aturan,” kata Jokowi.

Jokowi mengakui tokoh agama lebih mudah mendekati masyarakat karena lebih dipercayai masyarakat, sedangkan dia sendiri mengaku sudah melakukan pendekatan sosial seperti beberapa kali mendatangi warga di bantaran kali dan sungai.

“Tapi saya ke sana belum ngomong soal pemindahan atau relokasi. Cuma bagi-bagi tas, buku dan beras,” katanya.

Jokowi juga meminta tokoh agama ikut menyampaikan soal penggunaan Kartu Jakarta Sehat (KJS) karena selama ini banyak warga yang langsung mendatangi rumah sakit tanpa meminta rujukan Puskesmas terlebih dahulu. “Ya jelas aja rumah sakit jadi penuh,” katanya.

Komunikasi yang efektif memang sangat dibutuhkan era ini. Banyaknya media yang diharapkan menjadi media komunikasi yang baik, terkadang justru ditunggangi oleh berbagai kepentingan politik. Ormas Islam di Indonesia seperti LDII dan ormas lslam lainnya yang dikenal sebagai organisasi Nasional, kehadirannya di seluruh Indonesia merupakan potensi yang bisa diambil peranannya dalam ikut menyukseskan program pemerintah, mengawal jalannya demokrasi, penanggulangan bencana dan lain-lain. Selama ini hal ini kurang mendapat perhatian oleh pemerintah. Namun ditangan Jokowi, ia mampu menggandeng LDII untuk sosialisasi program kerjanya.

LDII atau Lembaga Dakwah Islam Indonesia adalah organisasi massa Islam yang bisa ditemui di 33 Provinsi. 

Artikel Terkait Berita Politik Indonesia ,Obrolan Politik

0 comments:

Post a Comment