Saturday 30 March 2013

KRISIS KEPEMIMPINAN PARTAI DEMOKRAT

krisis+kepemimpinan+partai+demokrat
Krisis Kepemimpinan - Partai Demokrat menyelenggarakan Kongres Luar Biasa di Bali pada hari ini 30/3/2013. Kongres tersebut dihadiri oleh perwakilan daerah se-Indonesia, 33 provinsi. Partai Demokrat menyelenggarakan Kongres Luar Biasa (KLB) dalam rangka mengangkat Ketua Umum. Setelah Anas Urbaningrum melepas jabatan Ketua Umum, ternyata Partai Demokrat belum memiliki Pengganti. 

Apa yang terjadi kemudian Partai Demokrat tampaknya mengalami krisis kepemimpinan. Dimana sosok SBY sebagai pendiri sekaligus Ketua Majlis Tinggi dan merupakan tokoh sentral masih belum mampu melakukan pengkaderan para fungsionaris Partai Demokrat sehingga kondisi dilematis dihadapi. 

Dalam KLB secara aklamasi diputuskan SBY didukung oleh seluruh provinsi untuk menjabat sebagai Ketum Partai Demokrat. Agaknya SBY harus turun takhta untuk mengurusi partainya. Sedangkan Beliau masih menjabat sebagai presiden dan sekaligus majlis tinggi partai. Pengamat Politik Burhanuddin Muhtadi melihat bahwa Partai Demokrat mengalami krisis Kepemimpinan dan Krisis Soliditas. Oleh karena itu AD/ART partai demokrat harus diubahsuaikan demi menyelamatkan soliditas partai dengan memilih SBY sebagai Ketum.

Dalam kesempatan sebelumnya, Ibas yang merupakan Sekjen menyatakan mundur dari Jabatannya sebagai anggota DPR karena ingin fokus mengurusi partai. SBY juga mengharapkan para pejabat negara untuk mundur jika mengurusi partai agar lebih fokus. Publik melihat kontradiktif antara harapan tersebut dengan kondisi partai Demokrat saat ini.

Ketua Harian diharapkan dapat mewakili SBY dalam setiap kesibukannya kelak selama menjabat Ketum Demokrat. Pengamat Burhanuddin, terpilihnya SBY sebagai Ketum dalam KLB hari ini, merupakan ekspresi keputusasaan dan kebuntuan persoalan yang dihadapi Partai Demokrat.

Apakah dengan terpilihnya SBY sebagai Ketum mampu meningkatkan elektabilitas Partai Demokrat? atau justru malah menyebabkan partai Demokrat semakin ditinggalkan publik? Waktu  yang akan menilainya kemudian.

Pencarian Terbaru

Elektabilitas Partai, Partai Demokrat, Peranan pemimpin dalam organisasi, kepemimpinan partai, kondisi politik Indonesia Terkini, Soliditas partai, Soliditas Partai Demokrat, Ketua Umum Partai, Kongres Luar Biasa, Ketua Harian Partai, Cara Memilih Ketua Umum, 

Artikel Terkait Berita Politik Indonesia ,Obrolan Politik

0 comments:

Post a Comment