Thursday 18 July 2013

HEBOH VIDEO POLITIK KARTEL DI PILKADA JATIM

POLITIK+KARTEL+iNDONESIA
POLITIK KARTEL - Baru-baru ini media dibuat heboh dengan munculnya 7 buah video yang keluar dengan serentak di situs media sosial youtube. Dalam video-video tersebut disampaikan bagaimana kegiatan Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf merayu partai-partai gurem di Jawa Timur agar mendukung dirinya dan pasangannya, Soekarwo. Ketujuh berita ini beredar ditengah-tengah masyarakat ketika umat Islam sedang melaksanakan ibadah puasa.

Koordinator Aliansi Partai Non Parlemen(APNP) - Djaelani -  menyatakan bila pihaknya telah mengatahui hal tersebut. "Saya tahu rekaman itu. Rekaman itu merupakan pertemuan yang digelar di Hotel Sultan Jakarta. Pertemuan itu diprakarsai oleh Sutiyoso pada April 2013 lalu, setelah PKPI dinyatakan lolos menjadi peserta pemilu 2014,"

Dengan adanya rekaman video tersebut terlihat seolah memojokkan pasangan KarSa, namun dia menilai bila apa yang telah terjadi sekarang masih dalam kondisi wajar. Dia juga membantah bila parpol-parpol tersebut - yang kebanyakan sebelumnya mendukung pasangan Khofifah Indar Parawansah-Herman S Sumawiredja (BerKah) -  direbut pasangan KarSa.

"PPNUI, PMB, PK, PKPI, dan PKPB yang menyebrang ke Khofifah-Herman, awalnya mendukung KarSa (Soekarwo-Saifullah Yusuf). Kalau ada orang yang bilang KarSa merebut parpol pendukung Khofifah Indar Parawansah-Herman S Sumawiredja (BerKah), itu justru memutarbalikkan fakta," demikian katanya.

Calon gubernur Jawa Timur Soekarwo dalam kesempatan lain ketika diminta konfirmasi oleh Kompas menyatakan tidak akan menanggapi video yang telah beredar di youtube tersebut. Soekarwo yang biasa dipanggil dengan nama Pakde Karwo itu mengatakan bila video-video tersebut adalah bentuk dari black campaign.

"Wong black, kok, ditanggapi, saya mau nanggapi yang white-white saja," demikian katanya sambil bercanda. Menurutnya, kampanye hitam seperti ini biasa terjadi ketika terjadi pemilihan pimpinan di suatu daerah manapun. Demikian katanya setelah menghadiri acara di kantor Pengurus Wilayah Muhammadiyah Jatim di Surabaya, Rabu (17/7/2013).

Video-video tersebut diunggah oleh pemilik akun dengan nama "pemilu bersih" dengan judul "Politik Kartel di Pilkada Jawa Timur". Salah satu video tersebut menyampaikan pengakuan dari Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia Sutiyoso yang dibujuk oleh pasangan KarSa untuk memberikan dukungannya terhadap pasangan itu.

Akun "pemilu bersih" tidak menambahkan informasi kapan dan bagaimana video-video tersebut diambil. Namun dalam pertemuan yang direkam tersebut terlihat dihadiri oleh Khofifah Indar Paranwansah, calon gubernur Jatim yang tidak lolos Pilgub Jatim karena menurut KPU tidak mendapatkan dukungan partai yang cukup. Video-video tersebut berdurasi 30 detik sampai sekitar 2 menit. Setiap video berisi pengakuan dari partai-partai pendukung Khofifah Indar Paranwansah dan Herman Sumawireja.

Sumber:
http://regional.kompas.com/read/2013/07/17/1440068/Soekarwo.Tak.Tanggapi.Video.Politik.Kartel.
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/07/13/6/167868/Beredar-Video-Politik-Kartel-di-Pilkada-Jatim

Artikel Terkait Berita Politik Indonesia

0 comments:

Post a Comment