Rabu, 06 Maret 2013

PENGARUH POLITIK TERHADAP SISTEM EKONOMI DI INDONESIA (2)

pengaruh+politik+terhadap+ekonomi+Indonesia
Pengaruh politik terhadap sistem ekonomi harus dapat memberikan kepastian hukum terhadap pelaku ekonomi suatu negara. Kegiatan ekonomi bisa berjalan dengan lancar jika didukung faktor kestabilan keamanan nasional menuju kepada kedaulatan ekonomi. Kebijakan politik yang merupakan pengaturan terhadap kekuasaan dan kewenangan di berbagai lembaga negara dan berbagai bidang termasuk kegiatan ekonomi harus dapat menumbuhkembangkan perekonomian secara menyeluruh sehingga negara tersebut menuju ke kemandirian ekonomi.

Penguasaan dan pengaturan pengelolaan terhadap sumber daya alam maupun pengaturan sumber daya manusia harus dapat memberikan manfaat peningkatan perekonomian secara merata. Pengaruh globalisasi yang dapat mengganggu kedaulatan ekonomi harus mendapat dukungan penuh dalam bentuk kebijakan-kebihakan politik maupun ekonomi. Oleh karena itu politik dan ekonomi merupakan dua mata uang yang tak dapat dipisahkan dalam penyelenggaraan negara. 

Budaya politik turut mengembangkan sistem ekonomi di Indonesia. Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki sumber daya alam (Natural Resources) yang sangat komplit di dunia memegang peranan penting terhadap ekonomi Indonesia maupun ekonomi global. Kebijakan politik di Indonesia harus mendukung munculnya kebijakan ekonomi yang mampu memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat Indonesia.

Negara-negara yang memiliki pengaruh politik yang kuat di dunia tumbuh menjadi negara yang 'merdeka' secara ekonomi menuju negara yang maju. Sebagai contoh seperti Amerika yang kuat secara politik luar negerinya. Kemudian China yang tumbuh menjadi raksasa ekonomi di Asia bahkan di dunia. Jadi kestabilan politik memegang peranan penting bagi kestabilan kegiatan ekonomi dan kebijakan politik yang mendukung pertumbuhan ekonomi yang positif mutlak diperlukan bagi Indonesia sebagai negara yang semakin berkembang.

Kenaikan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang saat ini telah menembus level 4,800 (5/3) merupakan yang tertinggi kenaikannya di Asia sangat menarik perhatian investor dalam dan luar negeri untuk menanamkan dananya di pasar modal Indonesia. Volatilitas pasar modal yang cukup tinggi sangat dipengaruhi oleh kestabilan politik dan ekonomi di Indonesia. Kondisi ekonomi Indonesia yang cukup stabil tentu merupakan modal dalam menjaga iklim investasi di Indonesia tetap kondusif.

Kesimpulannya, kondisi politik yang stabil perlu dijaga terutama kondisi di tahun politik menjelang pemilu 2014 ini. Elit politik yang akan adu kekuatan di arena pentas politik Indonesia pada pemilu mendatang harus mampu menunjukkan etika politik yang santun dan bermartabat. Keberpihakan kepada rakyat sangat dinantikan oleh rakyat. Biarkan rakyat memilih. 

Sementara itu upaya lembaga negara untuk mengusut tuntas kasus hukum yang merembet ke ranah politik perlu keseriusan para pelaku sehingga betul-betul menjalankan akuntabilitasnya kepada publik di Indonesia.
Demikian sedikit ulasan mengenai pengaruh politik terhadap sistem ekonomi di Indonesia semoga tulisan ini dapat bermanfaat.

Artikel Terkait Pendidikan Politik Indonesia

0 komentar:

Poskan Komentar