Saturday 13 July 2013

PERAN MEDIA SOSIAL PADA POLITIK DI INDONESIA

media+sosial+politik+Indonesia
PERAN MEDIA SOSIAL PADA POLITIK DI INDONESIA - Perkembangan politik tak terlepas dari penyebaran informasi. Era informasi yang mempersyaratkan penguasaan informasi memberikan peluang bagi perusahaan-perusahaan social media untuk turut berkembang. Sebut saja Facebook, Youtube, Google+ dan lain-lain yang semakin terus memperbaharui fitur-fiturnya untuk menarik simpati penggunanya. Upaya ini ternyata tak disia-siakan oleh paraa politisi untuk memanfaatkan media tersebut untuk meraih simpati, memperkenalkan sepak terjangnya kepada masyarakat secara lebih luas, dengan cara lebih murah.

Semakin hari jumlah pengguna Facebook terus bertambah sehingga Facebook login bukan hal asing lagi bagi semua lapisan masyarakat. Namun benarkah politisi dapat terbantu dengan adanya Facebook ini?

Facebook, Youtube, Blogspot, Google+ dan lain-lain tidak hanya bisa digunakan sebagai alat pemasaran, namun juga bisa digunakan sebagai alat kampanye politik dan pilkada. Beberapa contoh dapat disebutkan seperti kemenangan Barack Obama dalam kampanye politiknya yang melibatkan media-media sosial seperti Twitter, Facebook, Youtube, blogspot melalui internet telah menyedot perhatian masyarakat dan berhasil mengangkat citra positif Obama. Di Indonesia sendiri Jokowi merupakan contoh serupa keberhasilannya menyebarkan informasi untuk meletakkan pengaruh yang lebih kuat di masyarakat Jakarta sehingga dapat memenangkan pilgub beberapa waktu yang lalu.

Gerakan-gerakan massa yang melibatkan Facebook sebagai media pengumpulan massa pernah terjadi di Mesir. Demokrasi di Mesir berkembang. Namun tindakan anarkis juga terus terjadi. Perkembangan media sosial dalam menyebarkan informasi tentu harus dicerna oleh penggunanya secara arif.

Pengguna internet di Indonesia yang terus berkembang setiap tahunnya sekitar 10% merupakan lahan subur bagi penyedia jasa internet. Menurut “MarkPlus Insight”, jumlah pengguna internet di Indonesia per akhir tahun 2012 mencapai 61,08 juta orang. Angka tersebut naik sekitar 10 persen ketimbang tahun 2011, sedangkan di Amerika pengguna internetnya mencapai 245 juta, menempati posisi kedua setelah China. Tetapi Indonesia memiliki tingkat pertumbuhan pengguna internet yang subur.

Politisi muda tentu memiliki peluang yang cukup besar dalam menggunakan media sosial untuk mendulang perhatian massa namun tidak menyurutkan bagi tim sukses politisi gaek untuk memaksimalkan suara dan perhatian massa untuk memenangkan kompetisi pemilu.

Dengan demikian peran media sosial pada politik di Indonesia cukup besar antara lain :
1. Mendongkrak elektabilitas 
2. Menyebarkan informasi kegiatan kampanye
3. Memberikan pengaruh kepada massa / calon pemilih
4. Menjadi media komunikasi yang efektif antara politisi dan konstituennya

Demikianlah sedikit ulasan seputar peran media sosial pada politik di Indonesia. Semoga dapat memberikan ide dan pandangan. Bagaimana pandangan anda?

Artikel Terkait Berita Politik Indonesia

1 comments:

http://www.scribd.com/doc/216536990/Indonesia-Masih-Waras-Kok

Post a Comment